Rabu, 13 September 2017

Kehidupan Koas: Stase Jiwa (Stase pertamaku)

Halo semuanyaa :)
Udah lama ya aku nggak ngepost di blog ini.
Jadi ceritanya sekarang aku udah lulus s.ked yuhuuuuuu~~
Setelah lulus s.ked, ada 1 perjalanan hidup lagi (cieelaahh bahasanya) yang musti dilewatin, yaitu KOASS. Koass itu sngkatan dari Co-Assitent dokter. Kalian bisa ngebayangin gak, udah "co", ditambah "assistent" lagi hahaha
Yang pertama aku rasain jadi koas itu seneng banget. Ya siapa yg gak seneng udah bisa make jas dokter dan meriksa pasien langsung. Ada rasa takut juga sih karna biasanya kan belajar dri buku mulu, ilmunya dipake jga ke manekin doang. Nah sekarang udah bisa ketemu langsung sama pasien (aka guru) nya. Nyuntik jga nggak ke manekin lagi, tapi udah langsung ke tangan pasien. Senyuman di muka kayaknya gak ilang2 waktu udah lulus itu.
Rasa senang itu pun masih aku rasakan di stase pertamaku, stase jiwa di magelang. Gilaakk enak banget disana. Aku koas di rs rujukan nasional, jadi pasiennya beragam. Walaupun pasien banyaknya skizofrenia atau gangguan mood yang kalo diajak ngomong pastinya gak nyambung, tapi bisa nyambung sama aku hahahaha
Kenapa bisa nyambung? karena aku juga skizofren bisa memahami mereka. Walaupun kadang serem juga. Karena banyak pasien yg halusinasi visual, trkadang mereka bisa melihat sesuatu yang sebenarnya nggak ada. Tapi kadang aku bingung, barangnya emang yang gak ada atau akunya yang gak bisa ngeliat.JENG JENG JENG JENG. Seketika jadi horor.. *apasih put*
Di stase jiwa aku banyak belajar, salah satunya blajar bersyukur. Bersyukur karena aku masih sehat secara mental. Walaupun fisik agak pegal2. Di stase ini, stigma negatif tentang "orang gila" yang ada diotak ku berubah total. Maklum, dulu aku termasuk anak yang takut sama "orang gila". Menurut aku sakit mental itu aneh dan harus dihindari. Tapi ohh ternyataaa.. Semua itu salah. Sakit jiwa = sakit fisik. Secara fisik mereka baik2 saja, bisa dikatakan normal. Tapi siapa yang tau dengan keadaan hati mereka, keadaan pikiran mereka. Mereka bahkan terkadang sadar bahwa jiwa mereka sedang sakit, tapi nggak berani bilang ke siapa2 karna stigma di masyarakat yang masih negatif. Takut dikucilkan, takut ditinggalkan orang terdekat, bahkan ada yang disiksa karena ketahuan "gila". Jadi buat kalian yang sedang membaca post ini, yukk berhenti berpikir seperti itu. Kalo disekitar kalian ada yang sakit jiwanya, edukasi keluarganya biar dibawa ke rumah sakit. Sakit jiwa itu bukan dosa, bukan sesuatu yang memalukan. Namanya juga sakit, siapa sih di dunia ini yang minta sakit.
kok tiba2 aku jadi marah ya hehehe
Balik lagi ke cerita koass ku...
Jadi koass disini jam kerjanya itu senin-jumat jam 07.00-16.00 wib. Tapi kalo dapet jaga malam berarti nambah lagi dari jam 16.00 - 21.00 wib di hari kerja, untuk weekend dibagi 2 shift, 07.00-14.00 dan 14.00-21.00 wib. Intinya masih bsa tidur di kost (manusiawi lah ya). Terus yang paling enak kalo di magelang, selalu dapat voucher makan tiap jaga. Dan itu yg bikin tambah semangat (murahan banget ya aku hahaha). Tapi dibalik jadwal yang seperti itu, kami para koas masih bisa mencari waktu libur hehehe
Kalo pas weekend gak ada jadwal jaga, berarti kita liburan. Kalo masalah belajar, itu hukumnnya wajib. Tiap selesai dari rumah sakit kalo nggak ada jadwal jaga, ya berarti malamnya belajar. Tapi kalo weekend itu harus dipake buat refreshing. Karena aku nggak mau jadi salah satu pasien di rs jiwa hanya gara2 stress belajar hahahaha
Stase ini hanya 5 minggu saja. Dan puji Tuhan, walaupun banyak rintangan yang melintang, aku bisa menyelesaikannya dengan smooth hahahaa
Udah sih gitu aja dlu. Untuk cerita koass selanjunya, tungguin next post yaa. Byeeee :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar